Ahmad Zakiyudin Dorong Mahasiswa Hentikan konflik Islam dan Hindu di India dalam Webinar Nasional

  • Bagikan

Bandung- Yayasan Ahmadina Mulya Bandung bekerjasama dengan HI Fisip Universitas Al-Ghifari menggelar Webinar Nasional dengan Tema “ Islamophobia Exists in India ”, yang dilaksanakan pada hari Senin, 16 Januari 2023 pukul 13.00 WIB melalui Zoom Meeting.

Hadir sebagai Narasumber Dr. H. Gunawan Undang, Drs.,M.Si yang merupakan Ketua LPPM Universitas Al-Ghifari dan Dr. Ahmad Zakiyuddin, SH.,S.IP., M.I.Kom Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia dan dosen HI Fisip Universitas Alghifari.

“India merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia dan populasi terbesar di dunia bagi Muslim-minoritas, sebenarnya seharusnya umat islam di India merasa aman dan bisa berdakwah secara leluasa. Kenyataanya India sebagai Negara demokrasi terbesar di dunia tidak memberikan kebebasan beragama dan toleransi kepada umat Islam,”Kata Zakiyuddin.

Dr.Ahmad Zakiyuddin,S.IP.,M.I.Kom dalam makalahnya mengungkapkan bahwa umat muslim di india butuh perlindungan dari sesama muslim di seluruh dunia karena Konflik Berkepanjangan antara Hindu dan Islam.

Zakiyuddin menambahkan Umat islam di India kurang lebih 14,4% dari total seluruh warga negara India yang begitu banyak. Pemeluk agama Islam di India paling banyak berada di bagian negara Lakshadweep, Jammu dan Kashmir. Mayoritas adalah pemeluk agama Hindu kurang lebih 78,8% dan sekitar 3,7% memeluk agama kepercayaan, budha, sikh, jain dan sebagainya.

Dari sisi Madzhab umat islam di india menganut dua mazhab yaitu syiah dan Hanafi. Namun diantara kedua mazhab tersebut masyarakat india lebih banyak menganut mazhab Hanafi,”Kata Zaki.

“Mahasiswa harus ikut terlibat menyelesaikan Konflik Islam dan Hindu di India dengan mendorong Eksekutif dan Legislatif untuk membangun komunikasi strategis dan damai dalam menyelesaikan Konflik Islam dan Hindu di India,”Pungkas Zaki.

  • Bagikan