AKTIVIS PELAJAR-MAHASISWA DEKLARASIKAN GMPK JAWA BARAT

  • Bagikan

Bandung, Jawa Barat – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (DPD GMPK) Jawa Barat menggelar acara deklarasi pada hari ini, (07 Maret 2023), di Apocalipse Coffee yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan pelajar dari berbagai wilayah di Jawa Barat.

DPD GMPK Jabar sebuah wadah organisasi mahasiswa dan pelajar yang berkomitmen untuk memperjuangkan pembangunan di Jawa Barat yang bersumber pada nilai-nilai unity (Persatuan), freedom (Kemerdekaan), equality (Kesamaan) dan national identity (Identitas Nasional) ‘Kebangsaan’. GMPK menekankan pentingnya pergerakan pelajar-mahasiswa yang memperkuat jati diri dan kebangsaan bangsa Indonesia, menolak segala bentuk imperialisme dan neokolonialisme, serta berkomitmen untuk memerangi diskriminasi, separatisme, dan radikalisme yang berpotensi memecah belah bangsa atas nama suku, agama, ras, dan antargolongan. GMPK merasa perlu untuk melakukan tindakan nyata dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketua Harian DPP GMPK, Wilfridus Yons Ebit menegaskan bahwa : “kita harus memahami bahwa persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci keberhasilan dalam membangun negara yang maju dan sejahtera.

Oleh karena itu, tindakan nyata perlu dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa untuk mencegah terjadinya konflik sosial dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan para founding father, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta memperkuat toleransi”.

Selain itu, kehadiran GMPK di Jawa Barat dapat memperkuat peran mahasiswa dan pelajar dalam mewujudkan pembangunan bangsa berkeadilan di Jawa Barat, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, bahkan terjun langsung dalam pembangunan (society empowerment) sebagaimana tertuang dalam “PARADIGMA GMPK”, sehingga gerakan GMPK bisa ‘membumi’.

Ketua DPD GMPK Jawa Barat, Taufiq R. Sudradjat, mengatakan, “Kami berharap gerakan ini dapat membentuk karakter kebangsaan, dan menjadi motor penggerak mahasiswa dan pelajar di Jawa Barat untuk bersatu dan memperjuangkan pembangunan yang merdeka, berkeadilan, dan berbasis kebangsaan. Kami juga mengajak semua pihak untuk bergabung berjuang bersama di wadah GMPK.”

Pada acara deklarasi ini juga terbentuk struktur pengurus DPD GMPK Jawa Barat yang dinahkodai oleh Taufiq R. Sudradjat (Ketua), Budi Sulaeman (Sekretaris) dan Sadid Akbar (Bendahara).

  • Bagikan