Dekan FISIP Universitas Al-Ghifari Dorong PIAP Tingkatkan Inovasi Administrasi Publik

  • Bagikan

BANDUNG– Perkumpulan Ilmuwan Administrasi Publik ( PIAP) bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah IV menggelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional ke- 2 .

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula LLDIKTI Wilayah IV secara luring dan daring pada Selasa ( 20/12/22) dengan mengambil Tema “Digitalisasi Administrasi Publik Kontemporer menuju Indonesia Emas 2045″.

Peserta yang menghadiri Seminar dan rakenas II berjumlah 600 orang terdiri dari para rektor Perguruan Tinggi, Ketua Asosiasi Dosen, Pengurus Pusat PIAP, Pengurus Wilayah Propinsi PIAP, Pengurus Kabupaten/Kota Se-Indonesia dan Para undangan yang hadir baik daring dan Luring.

Di temui redaksi, Ketua OC Seminar Nasional dan Rakernas yang juga Dekan FISIP Universitas Al-Ghifari Dr.Dina, S.I.P., M.Si mengungkapkan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi administrasi publik menuju Indonesia Emas 2045. Banyak tantangan yang dihadapi Indonesia terutama persoalan reformasi birokrasi yang belum maksimal sehingga kinerja dari administrasi Publik Indonesia masih rendah.

Proses transformasi birokrasi sejatinya mengarah pada kinerja professional ASN, Kompetensi ASN. Pada kenyataanya Sumberdaya manusia unggul ASN belum merata. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh Perebutan kekuasaan politik birokrasi yang masih kental sehingga dampaknya banyak UU, Peraturan dan ketentuan ketentuan yang saling bertentangan. Untuk itu dibutuhkan terobosan transformasi Kebijalan Publik Kontemporer.

Dalam paparan strategisnya Dr. M. Samsuri, S.Pd., MT., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar Banten berharap dalam seminar dan rakernas II melahirkan gagasan cerdas untuk perbaikan Indonesia. Hasil dari seminar Nasional dapat dimasukkan ke dalam prosiding yang bermanfaat . Dr. Samsuri juga mendorong PIAP memiliki jurnal yang bereputasi.

Kegiatan Seminar Nasional menghadirkan Narasumber dari Akademisi Unitomo Surabaya Prof. Dr. Sedarmayanti., M.Pd., APU. Deputi Bidang Kebijakan dan Inovasi Lembaga Administrasi Negara RI Dr. Triwidodo W.Utomo., SH., MH.Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bandung Drs. Yudi Abdurrahman.,M.Si, Kepala Arsip Daerah dan Perpustakaan Kabupaten Bandung Yosep Nugraha.,S.H., MIP

Di akhir kegiatan ini PIAP melaksanakan penandatanganan MoU dengan Rektor Universitas Al-Ghifari, Rektor Universitas Sangga Buana YPKP, Rektor Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung dan Ketua Umum Persaudaraan Dosen Republik Indonesia.

  • Bagikan