Gubernur Herman Deru Ucapkan Terima Kasih kepada Menpora Amali Jadikan Sumsel Tuan Rumah FGD penyempurnaan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 dan Piala Dunia U-20

  • Bagikan

Palembang: Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang telah menjadi kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) penyempurnaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. 

“Saya mengucapkan terima kasih pak menteri menjadikan Palembang, Sumatera Selatan ini sebagai tempat diselenggarakannya FGD yang tujuannya sangat mulia yakni menyempurnakan Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang persepakbolaan,” kata Herman Deru dalam acara FGD penyempurnaa Inpres Nomor 3 Tahun 2019 yang digelar di Hotel Novotel, Palembang, Selasa (31/1) malam. 

Herman Deru mengatakan, dirinya sempat mempertanyakan alasan kenapa Inpres nomor 3 tahun 2019 harus direvisi, padahal Inpres ini terbilang masih baru. Padahal, kata Herman Deru, pihaknya di Sumatera Selatan sangat luar biasa menyambut baik Inpres ini termasuk untuk melakukan pembangunan infrastruktur maupun kegiatan-kegiatan sepakbola di wilayahnya.

Namun, setelah mendengar penjelasan Menpora Zainudin Amali, bahwa Inpres tersebut belum mengatur keterlibatan seluruh stakeholder olahraga sepakbola salah satunya PSSI.

“Setelah kita mendengar apa yang disampaikan pak menteri tadi, oh iya ini (Inpres Nomor 3 Tahun 2019) hanya melibatkan kementerian, lembaga, gubernur dan para kepala daerah. Ini kita bicara infrastruktur dong, bukan bicara tentang kualitas dari calon pemain sepak bola,” katanya.

Padahal, menurutnya, harapan terhadap sepak bola kedepan adalah adanya bibit-bibit unggul dari daerah-daerah.
“Ini harapan besar kami dari Sumatera Selatan, agar penyempurnaan Inpres ini dapat mengakomodir semua pihak termasuk klub, dan  PSSI,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Herman juga menyampaikan terimakasih kepada Menpora Amali karena telah menjadikan Sumsel sebagai lokasi event-event olahraga nasional diantaranya Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021. Dan tahun 2023 nanti akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

“Saya berterima kasih ditunjuk menjadi tuan rumah Fornas dan insya Allah di Mei ini (Mei 2023) akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023. Ini akan meriah lagi, dan para pemilik usaha perhotelan, kuliner, begitu berharap ini dapat terlaksana tepat waktu tentu akan menjadi bonus bagi masyarakat Susmel. Saya sudah memakai jaket ini, pak menteri, saya mendukung bapak menjadi Waketum PSSI,” pungkas Herman.

Turut hadir dalam kegiatan ini Menpora Zainudin Amali, Deputi Bidang Perundang-undangan dan Administrasi Hukum, Lydia Silvanna Djaman, Asdep Kemenko PMK, Teguh Supriyadi, perwakilan Kemenkum HAM, Waketum PSSI, Iwan Budianto, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus Asdep Olahragawan Andalan Kemenpora Surono, dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kemenpora Sanusi, Asprov PSSI se-Sumatera dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga se-Sumatera dan perwakilan klub.(ded)

Sumber :kemenpora.go.id

  • Bagikan