Ulama Banten: Banyak Ideologi Tak Sesuai Pancasila Masuk Indonesia

  • Bagikan

KliksajaBanten.co – Ulama Banten KH Murtadlo Dimyati meminta agar pemerintah kembali menghidupkan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) di sekolah dan dalam masyarakat.

Pengasuh Pondok Pesantren Cidahu, Pandeglang itu menilai, sejak reformasi kondisi bangsa semakin tak menentu akibat pengaruh globalisasi sehingga generasi muda semakin jauh dari nilai-nilai luhur  dalam Pancasila. Sementara budaya gotong-royong dan toleransi semakin terkikis.

“Saya atas nama ulama salaf Banten mohon agar nilai-nilai Pancasila yang implementasinya di dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) seperti dulu kembali diajarkan,” katanya dalam siaran pers, Kamis (8/12/2016).

“Bermacam-macam ideologi yang tak sesuai dengan budaya Indonesia masuk,” imbuh tokoh yang akrab disapa Abuya Murtadlo tersebut.

Kondisi negara dewasa ini lanjutnya, sudah sangat diperlukan lagi pendidikan Pancasila melalui penataran P4 yang ditujukan kepada semua lapisan masyarakat hingga birokrat di pemerintahan, khususnya generasi muda.

“Makanya kami meminta ini. Panglima TNI dan Kapolri harus serius tentang masalah ini juga,” pungkas putra ulama kharismatis KH Muhammad Dimyati atau Mbah Dim ini.

  • Bagikan