Israel akan Serang Langsung Iran dalam Waktu Dekat, Berikut Wawancara dengan Pakar Militer AS

  • Bagikan

WASHINGTON – Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz telah memberi tahu para pejabat AS tentang waktu yang dibutuhkan Israel untuk melancarkan serangan terhadap Iran dalam rangka mengganggu program nuklirnya. Hal demikian seperti yang dilansir oleh al-Jazeera Arabic pada (18/12/2021).

Laporan menunjukkan bahwa Gantz mengeluarkan arahan kepada tentara Israel untuk mempersiapkan serangan terhadap Iran. Para pengamat militer di Tel Aviv menafsirkan langkah ini muncul dalam kerangka usaha Israel menggandakan tekanannya pada Amerika Serikat untuk mencegahnya kembali ke perjanjian nuklir dengan Iran. Israel mendesak AS untuk memperketat sanksi ekonominya terhadap Teheran dan memaksanya menghentikan proyek nuklirnya.

Sehubungan dengan hal ini, Al Jazeera Net mewawancarai mantan komandan militer David de Roche, saat ini  ia merupakan asisten profesor di Pusat Studi Strategis Timur Dekat dan Asia Selatan di Universitas Pertahanan Nasional Pentagon, tentang kemungkinan aksi militer terhadap Iran.

Selama 30 tahun sejarahnya di Departemen Pertahanan, David de Roche bertugas di Kepala Staf Gabungan dan di Komando Operasi Khusus AS, serta bertugas di Operasi Khusus dan pasukan konvensional yang dikerahkan di Timur Tengah, Eropa, dan Afghanistan.

De Roche memegang beberapa posisi di Kantor Menteri Pertahanan untuk Urusan Politik, termasuk Direktur Kantor Teluk dan Semenanjung Arab, Direktur Komunikasi antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri, dan Direktur Operasi NATO.

Berikut teks wawancaranya

Apakah menurut Anda tentara Israel mempercepat rencana untuk menyerang Iran

Israel telah menunjukkan kemampuan yang kuat dalam melakukan operasi yang cukup berani terhadap Iran. Mengingat bahwa Israel bukan pihak yang terlibat dalam pembicaraan Wina, yang secara signifikan dapat mempengaruhi keamanan nasionalnya, akan aneh jika Israel tidak meninjau dan memperbarui rencananya untuk mengambil tindakan lebih lanjut terhadap infrastruktur nuklir Iran.

Apakah ancaman Israel terhadap Iran kali ini nyata dan serius? Kami telah mendengar ancaman ini selama beberapa tahun terakhir.

Ancaman Israel untuk menyerang infrastruktur nuklir Iran adalah nyata dan sangat serius. Israel berhasil mendapatkan ilmuwan nuklir Iran terkemuka untuk melakukan sabotase di dalam laboratorium bawah tanah paling rahasia di Iran, dan berhasil mencuri lebih dari setengah ton arsip nuklir Iran, dan membunuh seorang jenderal di Garda Revolusi Iran yang mengawasi program nuklir Iran. Tidak ada keraguan bahwa Israel akan dapat mengambil tindakan berani seperti itu di masa depan.

Tapi pertanyaan sebenarnya tetap tentang kemampuan Israel untuk sepenuhnya menghilangkan program nuklir Iran dalam satu serangan.Program ini terdesentralisasi dan menyebar ke seluruh negeri, sebagian besar masih belum diketahui. Iran telah mencapai titik di mana kemampuan nuklir Iran dibangun dengan pengetahuan yang dimiliki Iran dan ilmuwan Iran.

Ini berarti bahwa setiap sentrifugal atau fasilitas lain ketika hancur dapat diganti dalam waktu singkat. Jadi, menurut perkiraan saya, Israel tidak mampu menghancurkan program nuklir Iran.

Apakah menurut Anda Israel memiliki kemampuan militer yang cukup untuk menyerang Iran?

Jelas bisa menyerang Iran Tahun lalu, Israel melumpuhkan sistem distribusi bensin bersubsidi Iran, menyita papan reklame digital di sana, dan melancarkan serangan dan pembunuhan di jantung Iran.

Dan jika Israel perlu, kemungkinan akan meluncurkan serangan militer konvensional di dalam Iran, meskipun itu akan sangat terbatas dan beresiko sangat tinggi.

Sebaliknya, kekuatan militer internal Iran telah menunjukkan diri mereka sebagai militer yang tidak kompeten; Ingat, Iran pernah menembak jatuh sebuah pesawat sipil Ukraina yang berangkat dari bandara Teheran. Iran mengira bahwa pesawat tersebut merupakan rudal yang masuk. Kurangnya pengawasan terhadap Garda Revolusi, yang secara efektif telah mengambil alih negara Iran, telah membuatnya tidak efektif dalam misi utamanya membela Iran. Ini adalah fenomena umum yang terjadi pada tentara yang korup dan negara-negara otoriter, dan keduanya berlaku untuk Iran.

Jadi Israel kemungkinan akan memiliki beberapa keberhasilan yang terbatas dalam serangan konvensional, tetapi tidak mungkin untuk mencapai tujuan strategis keseluruhan menghancurkan program nuklir Iran.

 

Apa tantangan yang dihadapi Israel ketika memutuskan untuk menyerang Iran?

Tantangan utama yang harus dihadapi Israel dalam serangan militer terhadap Iran ialah bagaimana Israel mencapai target serangannya; Israel kemungkinan akan menyerang dengan pesawat berawak konvensional, sehingga perlu mengatur akses ke Iran dengan cara yang tidak terdeteksi, dan mengisi bahan bakar untuk memungkinkan pesawat mencapai target dan dapat kembali.

Di masa lalu, Israel berhasil menangani masalah pertama dan Iran tidak bisa mendeteksinya di radar. Israel bisa menggunakan tangki bahan bakar eksternal, meskipun pengisian bahan bakar udara kemungkinan akan diperlukan jika ingin menyerang Iran, dan kebutuhan bahan bakar akan membatasi jumlah senjata yang dapat dikirimkan.

Kemungkinan lain adalah bagi Israel untuk mengamankan pangkalan di sisi lain Iran sehingga pesawatnya dapat menyerang Iran, terbang melewatinya, mendarat dan mengisi bahan bakar, dan kemudian kembali ke Israel melalui rute berbeda yang menghindari pertahanan Iran.

Akankah Israel mendapatkan kemampuan militer tambahan dari Amerika Serikat seperti pengisian bahan bakar atau bom penghancur bunker canggih?

Pada titik ini, Amerika Serikat tidak mungkin memberi Israel peralatan militer khusus untuk digunakan dalam serangan, dan Washington berusaha menghindari aksi militer dengan Iran.

Akankah Israel terbang di atas tanah Yordania dan Irak untuk mencapai Iran?

Sudah pasti bahwa Israel akan melewati wilayah udara Yordania atau Irak untuk mencapai Iran, dan mungkin tidak meminta izin untuk melakukannya karena takut akan kerahasiaan operasi tersebut. Mungkin cara terbaik bagi Israel untuk mencapai wilayah udara Iran tanpa terdeteksi adalah dengan terbang di atas Laut Mediterania, menyamar sebagai pesawat Pengawal Revolusi Iran, atau seolah-olah seperti penerbangan Mahon Airlines yang mengangkut senjata ke Hizbullah, saat kembali ke Iran, dan ini termasuk terbang di atas Lebanon, Suriah dan Irak. Dan semua negara di mana Iran menikmati lalu lintas udara bebas terlepas dari kedaulatan nasional, dan pengisian bahan bakar akan menjadi masalah dengan cara ini.

 

Apakah Iran memiliki sarana yang cukup untuk menanggapi setiap serangan Israel?

Iran akan membalas setiap tindakan Israel melalui apa yang dilakukannya seperti biasa; Artinya, orang-orang Yahudi berperang sampai ke Arab terakhir, dan mereka akan mengarahkan kelompok-kelompok mereka yang berafiliasi terutama dengan Hizbullah Lebanon dan proksi mereka yang lain seperti “organisasi Hamas” untuk melancarkan serangan ke Israel dengan harapan memperkuat pertahanan Israel.

Iran akan mengarahkan pasukannya di Irak untuk menyerang AS dan pasukan internasional lainnya di sana, dan proksinya di Yaman akan meningkatkan serangan rudal ke Arab Saudi.

Iran akan meningkatkan aktivitas penyanderaan di dalam wilayahnya, dan dapat melanjutkan serangannya terhadap kapal-kapal pengiriman komersial di Teluk Oman dan Selat Hormuz. Apalagi Pasukan Garda Revolusi telah membuktikan kemampuannya untuk menyerang sasaran sipil di negara ketiga, seperti juga di Eropa.

Apa konsekuensi utama dari setiap tindakan militer Israel terhadap Iran?

Sulit untuk melihat apa yang bisa dilakukan Iran terhadap Israel. Setiap tindakan Iran dibatasi oleh rasa takut akan pembalasan, bukan dengan menahan diri. Iran telah terbukti di masa lalu relatif tidak efektif dalam melancarkan serangan terhadap Israel. Memang, proksinya, seperti Hizbullah Lebanon, dari waktu ke waktu menolak permintaan Iran untuk menyerang Israel karena dapat menyebabkan hilangnya nyawa yang sangat besar di Libanon.

Yang biasa dilakukan Iran adalah menyerang warga sipil Yahudi di luar negeri, seperti pengeboman pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires pada 1994.

  • Bagikan