Putin Salahkan Barat atas Ketegangan soal Ukraina

  • Bagikan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan Barat karena telah meningkatkan ketegangan di Eropa, dengan mengatakan pihaknya salah menilai hasil Perang Dingin.

Berbicara kepada pejabat militer senior pada hari Selasa (21/12/2021), Putin mengatakan Rusia akan menanggapi secara “cukup” untuk setiap agresi Barat dan akan mengembangkan kemampuan tentaranya lebih lanjut.

“Mengapa mereka memperluas NATO dan meninggalkan perjanjian pertahanan rudal? Mereka yang harus disalahkan atas apa yang terjadi sekarang, atas ketegangan yang meningkat di Eropa,” kata Putin, mengulangi permintaannya akan jaminan dari AS dan sekutunya bahwa NATO tidak akan berekspansi ke arah timur.

Setelah apa yang dianggapnya sebagai kemenangannya dalam Perang Dingin, penilaian Washington telah diselimuti oleh euforia, katanya, yang mengarah pada pilihan kebijakan yang buruk.

Menurut Washington, Rusia telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di perbatasan dengan Ukraina.

Moskow juga menuntut agar NATO menolak menerima bekas republik Soviet itu sebagai anggota dan menjamin bahwa tidak ada senjata atau pasukan yang akan dikerahkan di sana.

Tuntutan itu – yang terkandung dalam perjanjian keamanan Rusia-AS yang diusulkan dan perjanjian keamanan antara Moskow dan NATO – dirancang di tengah meningkatnya ketegangan atas penambahan pasukan Rusia yang telah memicu kekhawatiran kemungkinan invasi.

Pada hari Selasa, Kanselir Jerman Olaf Scholz menyatakan keprihatinannya tentang peningkatan dalam panggilan telepon dengan Putin, menurut juru bicara pemerintah Jerman.

“Kanselir Jerman menyatakan keprihatinannya tentang situasi dan berbicara tentang kebutuhan mendesak untuk de-eskalasi,” kata juru bicara Jerman dalam sebuah pernyataan.

Rusia telah membantah memiliki rencana untuk menyerang tetangganya tetapi mendesak jaminan hukum yang akan mengesampingkan ekspansi NATO dan penyebaran senjata di sana.

Menurut pembacaan yang dirilis oleh Kremlin, Putin pada hari Selasa memberitahu Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang “upaya diplomatik Moskow tentang masalah ini”, dan memberi Scholz “komentar terperinci” tentang rancangan perjanjian keamanan Rusia-AS dan perjanjian keamanan antara Rusia dan NATO yang diajukan minggu lalu.

Dalam percakapan dengan Scholz, “harapan diungkapkan bahwa negosiasi serius akan diselenggarakan pada semua masalah yang diangkat oleh Moskow,” kata pembacaan itu.

Putin mengatakan selama pertemuan dengan pejabat militer senior pada hari Selasa bahwa ia berharap untuk pembicaraan konstruktif dengan Washington dan Brussels pada tuntutan Rusia.

“Konflik bersenjata dan pertumpahan darah sama sekali bukan sesuatu yang akan kami pilih, kami tidak menginginkan skenario seperti itu,” kata Putin.

“Kami sangat prihatin bahwa elemen sistem pertahanan rudal global AS sedang dikerahkan di sebelah Rusia,” tambahnya, merinci bahwa Rumania dan Polandia akan segera mampu meluncurkan rudal jelajah Tomahawk.

Dia mengatakan proposal Rusia bukanlah ultimatum, tetapi tidak ada tempat untuk mundur atas Ukraina.

Berbicara pada pertemuan yang sama, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan Amerika Serikat telah mengerahkan sekitar 8.000 tentara di dekat perbatasan Rusia dan, bersama sekutu NATO, sering melakukan penerbangan dengan pesawat pembom strategis yang dekat dengan Rusia.

Upaya NATO untuk melibatkan tentara Ukraina dalam kegiatan aliansi menghadirkan ancaman keamanan, kata Shoigu.

Upaya diplomatik

Sebelumnya pada hari Selasa, seorang diplomat senior Rusia mengatakan kontak telah dimulai antara Moskow dan Washington mengenai masalah jaminan keamanan yang dicari Rusia, dan ada kemungkinan bahwa kedua pihak akan mencapai kesepahaman.

Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Eropa dan Eurasia Karen Donfried mengatakan kepada wartawan dalam briefing telepon bahwa tanggal tertentu akan disepakati bersama dengan Rusia untuk memulai pembicaraan yang bertujuan mengurangi ketegangan.

Sementara itu, NATO akan mencari diskusi dengan Moskow awal tahun depan untuk mengatasi ketegangan di tengah peningkatan militer Rusia di perbatasan Ukraina, Sekretaris Jenderal aliansi Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Selasa.

“Kami tetap siap untuk dialog yang berarti dengan Rusia dan saya bermaksud untuk mengadakan pertemuan baru Dewan NATO-Rusia sesegera mungkin di tahun baru,” kata Stoltenberg pada konferensi pers di Brussels.

Dewan NATO-Rusia (NRC) dibentuk pada 2002 untuk memfasilitasi konsultasi antara aliansi militer Barat dan Moskow, tetapi hubungan tegang dan terakhir bersidang pada Juli 2019 meskipun NATO berulang kali menyerukan untuk menghidupkan kembali format tersebut.

Juga pada hari Selasa, bagaimanapun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyuarakan frustrasi dengan keengganan NATO untuk mempercepat keanggotaan Kyiv dalam aliansi.

Kyiv telah bertahun-tahun berusaha untuk bergabung dengan aliansi yang dipimpin AS, tetapi para pejabat Barat dalam banyak kesempatan mengatakan bahwa prospek tersebut tidak akan tercapai dalam waktu dekat. Hal demikian membuat Ukraina frustasi.

  • Bagikan