Ahmad Zakiyuddin Ajak Milenial Bangun Netiket dalam Komunikasi Global.

  • Bagikan

Yayasan Ahmadina Mulya Bandung bekerjasama dengan Hubungan Internasional FiSIP Universitas Al-Ghifari Menyelenggarakan Webinar Nasional, Rabu 21 Desember 2022 dengan mengambil tema : “Manner Maketh A Good Global Communication”.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Dosen HI Fisip Universitas Al Ghifari Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., S.H., M.I.Kom, . Marketing Officer, Copywriter, News Anchor serta Master of Ceremony Dinas Komunikasi dan Informatika Ridha Kusnawati

Dalam pemaparannya Zakiyuddin membagikan Pentingnya etika dalam Komunikasi Global.

Zakiyuddin menambahkan bahwa kenapa manner menjadi sangat penting karena dalam ruang digital kita akan berinteraksi, dan berkomunikasi dengan berbagai perbedaan kultural. Mereka dengan berbagai cara membangun hubungan lebih jauh dan berkolaborasi dengan orang lain. Dengan media digital setiap warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya. Maka, segala aktivitas digital – di ruang digital dan menggunakan media digital – memerlukan etika digital.

Zaki menegaskan bahwa Ruang lingkup manner adalah Kesadaran yaitu melakukan sesuatu dengan sadar atau memiliki tujuan, Tanggung Jawab yaitu kemauan menanggung konsekuensi dari perilakunya, Integritas yaitu Kejujuran, menghindari plagiasi, manipulasi, dan Kebajikan yaitu hal-hal yang bernilai kemanfaatan, kemanusiaan, dan kebaikan.

“kompetensi terkait manner dalam komunikasi global yaitu Kompetensi Mengakses Informasi Sesuai Netiket di Platform Digital, Menyeleksi dan Menganalisis Informasi Saat Berkomunikasi di Platform Digital, Memahami Netiket Upaya Membentengi Diri Dari Tindakan Negatif di Platform Digital, Memproduksi dan Mendistribusikan Informasi di Platform Digital, Memverifikasi Pesan Sesuai Standar Netiket, Berpartisipasi Membangun Relasi Sosial dengan Menerapkan Netiket, Berkolaborasi Data dan Informasi dengan Aman dan Nyaman di Platform Digital.” Pungkas Zaki.

  • Bagikan