Ahmad Zakiyuddin Bagikan Tujuh Kompetensi Literasi Digital Terkait Netiket dalam Webinar Kominfo.

  • Bagikan

Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Makin Cakap Digital 2022 Menyelenggarakan Webinar Nasional Literasi Digital, Jum’at 21 Oktober 2022 dengan mengambil tema : “Perlunya Perlindungan Data Pribadi Pada Transaksi Online”.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom,. CEO Guru Youtuber dan Backpacker Teaching Dr. Dirgantara Wicakson, M.Pd dan Content Management Sandra Sabellina, S.T dan Profesional Hypnotherapist yang juga Moderator Luana Yunaneva.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial

Zakiyuddin menambahkan bahwa latar belakang mengapa harus etis dalam media sosial Dalam ruang digital kita akan berinteraksi, dan berkomunikasi dengan berbagai perbedaan kultural, interaksi antar budaya dapat menciptakan standar baru tentang etika.

Dengan media digital setiap warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya. Mereka dengan berbagai cara membangun hubungan lebih jauh dan berkolaborasi dengan orang lain.

Maka, segala aktivitas digital di ruang digital dan menggunakan media digital memerlukan etika digital.

“Ada 7 macam kompetensi literasi digital terkait netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket di platform digital, menyeleksi dan menganalisis informasi saat berkomunikasi di platform digital, memahami netiket upaya membentengi diri dari tindakan negatif di platform digital, memproduksi dan mendistribusikan informasi di platform digital, memverifikasi pesan sesuai standar netiket, berpartisipasi membangun relasi sosial dengan menerapkan netiket dan berkolaborasi data dan informasi dengan aman dan nyaman di platform digital.” Ungkap Zaki.

Zaki menegaskan ruang lingkup etika ada 4 yaitu kesadaran yang artinya melakukan sesuatu dengan sadar atau memiliki tujuan, tanggung jawab yaitu kemauan menanggung konsekuensi dari perilakunya, integritas yaitu kejujuran, menghindari plagiasi, manipulasi, dan sebagainya serta kebajikan yaitu hal-hal yang bernilai kemanfaatan, kemanusiaan, dan kebaikan.

“Cara praktis menghindari berita bohong atau hoax adalah dengan bacalah berita hanya dari sumber yang layak dipercaya dan kredibel, baca dulu isi beritanya baru share ke media sosial, perhatikan nama media yang membuat berita sekaligus alamat situs, cek fakta dan perhatikan narasumber yang dicantumkan dalam berita tersebut apakah berasal dari sumber resmi, jangan menelan mentah-mentah informasi yang ditemukan di internet, jangan percaya mitos, jangan mudah terprovokasi dan selalu ingat bahwa tidak semua yang dibaca internet dan media sosial adalah benar. ” Jelas zaki.

  • Bagikan