Angka Perceraian Di Tangsel Meningkat Saat Pandemi, Ria Dahlia: Kita Tetap Bisa Menjaga Keutuhan dan Kebahagiaan Keluarga Ditengah Pandemi, Asalkan?

  • Bagikan

Kebahagiaan keluarga dapat terus dijaga dan dipertahankan meski dalam situasi pandemi. Hal itu bisa dilakukan asalkan kita terus berusaha keras memperjuangkan keluarga bahagia, yaitu dengan memahami dan menghayati apa yang menjadi fungsi keluarga itu sendiri.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Ria Dahlia, Tokoh Perempuan Tangerang Selatan, saat diskusi virtual KlikTV dengan tema “Mempertahankan Keluarga Bahagia Ditengah Pandemi” pada Minggu (12/07/2020) yang di moderatori oleh Rifandy Deovandra.

Angka perceraian di Tangsel meningkat saat selama pandemi, Data dari Pengadilan Agama menunjukkan banyak pendaftaran gugatan perceraian yang disebabkan oleh berbagai faktor, Pengadilan Agama mengatakan diantara sebabnya adalah karena pandemi berdampak pada ekonomi keluarga, pengangguran dan anak.

Ria Dahlia menyinggung soal meningkatnya angka perceraian di Tangerang Selatan di masa pandemi. Ria Dahlia, mengaku sedih dan prihatin dengan kondisi ini. Menurutnya kita bisa kembali kepada hal paling mendasar dari keluarga yaitu bagaimana menjadi dan terus menjaga kebahagiaan dan keutuhan keluarga saat pandemi.

Menurut Ria Dahlia, yang juga bakal calon walikota Tangerang Selatan, keluarga bahagia bisa dicapai jika kita memahami apa itu fungsi keluarga. “Keluarga bahagia bisa dicapai apabila masing-masing dari kita memahami apa itu fungsi keluarga. Diantara fungsi keluarga itu adalah fungsi religiusitas, memperkokoh keimanan, kemudian kasih sayang dimana keluarga harus terus mampu mentransformaiskan kasih sayang dalam kesehariannya. Lalu fungsi ekonomi, bagaimana bisa bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan hidup agar tetap berjalan. Fungsi sosial budaya dengan hidup bersama yang memahami etika hidup. Dan berikutnya fungsi reproduksi. Ini penting untuk kita pahami dalam berkeluarga”. Terang Ria Dahlia dalam pemaparan diskusi virtual.

Ria dahlia juga menyinggung adanya faktor ekonomi yang sering jadi penyebab perceraian, menurutnya ekonomi keluarga harus diselesaikan secara bersama-sama. Apalagi dalam situasi pandemi dimana penghasilan menurun, bahkan PHK sangat mungkin berdampak pada gejolak pendapatan keluarga. Ria Dahlia mengajak seluruh keluarga tetap kretif dan produktif meski saat pandemi. Bahkan ia mencontohkan dirinya sendiri, meski suaminya berpenghasilan tetap, saat pendmei ini Ria Dahlia berjualan produk home made seperti makanan kerupuk, dan pempek.

“Saat pandemi seperti ini kuncinya kita tetap bisa survive, bertahan hidup, dengan cara apa? yaitu dengan tetap produktif dan kreatif serta terus berusaha dengan disertai kesabaran. Masing-maisng dari dalam keluarga juga harus memahami bahwa saat ini kita menghadapi persoalan yang sama yaitu pandemi Covid-19. Ini menjadi kunci, dengan salaing mengerti dan memahami nantinya baik suami, istri dan anak akan dapat menyesuaikan diri hidup di tengah pandemi”. Kata Ria Dahlia saat ditanya tips mempertahankan keluarga bahagia.

Sebagai Bakal Calon Walikota Tangsel, Ria Dahlia, mengungkapkan programnya terkait mewujudkan keluarga bahagia di Tangerang Selatan. Ria Dahlia mengaku akan fokus membangun UMKM, ketahanan pangan, dan ekonomi keluarga. Meningkatkan perekonomian setiap keluarga di Tangsel menurutnya menjadi concern programnya. Lapngan pekerjaan juga menjadi perhatian Ria Dahlia, untuk menjamin setiap keluarga di Tangsel tetap berpenghasilan dan terus mengurangi angka pengangguran. Selain itu ia juga akan membangun Tangsel di sektor pendidikan dan kesehatan yang saat ini masih butuh peningkatan.

“Mewujudkan keluarga bahagia di Tangsel itu bukan hal yang mustahil, saya akan berjuang habis-habisan untuk mewujudkan keluarga bahagia di Tangsel. Berjuang mewujudkan kebahagiaan setiap keluarga di Tangerang Selatan. Caranya yaitu dengan mendorong agar fungsi keluarga berjalan dengan baik, dengan demikian akan terwujud keluarga bahagia, masyarakat bahagia, Tangsel bahagia, Tangsel Ceria, dan ujungnya negara bahagia”. tutup Ria Dahlia dalam statemen closingnya.

  • Bagikan