Di Masa Pandemi Program CSR Bisa Jadi Peluang Besar Bagi Perusahaan

  • Bagikan

Di masa pandemi menjadi momentum yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan show off perusahaannya melalui program CSR. Perusahaan dapat melakukan redirecting perusahaan terkait program CSR. Selain akan berdampak positif bagi perusahan juga akan berdampak secara langsung kepada masyarakat.

Hal ini muncul dalam dialog virtual Klik TV dengan tema “Kontribusi CSR Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 : Peluang dan Tantangan”. Hadir sebagai nara sumber, Reiki Nauli Harahap, (Dosen Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Yogyakarta). Dengan di moderatori langsung oleh Pimpinan Klik TV, Mheky Polanda. Pada hari Jumat sore (12/06/2020).

Reiki Nauli, dalam paparannya menjelaskan bahwa di masa pandemi perusahaan bisa melakukan redirecting program CSR nya di era pandemi yaitu pada sektor kesehatan dan ekonomi. Program CSR tersebut dapat membantu masyarakat langsung juga dapat memberikan citra positif bagi perusahaan.

Reiki menambahkan bahwa program CSR perusahaan di masa pandemi mislanya dalam bentuk pemberdayaan ekonomi dapat mengurangi secara perlahan ketergantungan masyarakat kepada perusahaan. “Melalui program pemberdayaan ekonomi, CSR di masa pandemi dapat meminimalisir ketergantungan masyarakat kepada perusahaan”. Ujar Reiki dalam paparannya.

Reiki menambahkan bahwa CSR itu bukan sekedar mandatory, karenanya di masa pandemi dibutuhkan sinergitas perusahaan dengan pemerintah agar CSR perusahaan kemanfaatannya dirasakan secara massal. ” Diperlukan collectif action antara pemerintah dengan perusahaan agar manfaat program CSR perusahaan bisa dirasakan secara masal”. Kata Reiki Nauli.

Reiki berharap melalui program CSR pandemi ini dampaknya dapat diminimalisir, juga atas kerjasama semua pihak untuk bekerjasama membantu penanganan pandemi.

  • Bagikan