Prodi Sastra Universitas AL-Ghifari Gelar Webinar Nasional Negara, Demokrasi dan Oligarki.

  • Bagikan

Bandung- Yayasan Ahmadina Mulya Bandung bekerjasama dengan Prodi Sastra Universitas Al-Ghifari menggelar Webinar Nasional dengan tema : Negara, Demokrasi dan Oligarki pada rabu, 28 Desember 2022.

Hadir sebagai Pembicara Dr.Ahmad Zakiyuddin, S.IP.,S.H.,M.I.Kom Ketua Umum Perhumani yang juga Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Sastra Universitas Al- Ghifari dan Dr. Rira Nuradhawati, M.Si dosen Pasca Sarjana Universitas Jenderal Ahmad Yani Cimahi.

Dalam Orasinya zakiyuddin mengungkapkan bahwa dalam demokrasi yang kita anut justru banyak terjadi paradox.

Tidak semua diuntungkan dengan sistem demokrasi. ada juga yang dirugikan, karena demokrasi memungkinkan terjadinya monopoli oleh Oligarki sehingga terjadi apa yang disebut dengan pembajakan demokrasi,”Ungkap Zakiyuddin.

Zakiyuddin yang juga Dosen Fisip Univertsitas Langlangbuana menambahkan bahwa Posisi rakyat sangat tidak diuntungkan ketika terjadi monopoli Oligarki. Rakyat yang sejatinya harus makmur dan sejahtera, akibat monopoli oligarki menjadi terbelakang, miskin dan sengsara.

Kecepatan oligarki dalam bertemu dan menembus kekuasaan di banding rakyat yang jarang dilirik mengakibatkan kebijakan kebijakan publik yang keluar akan sangat bernuansa oligarki. Oligarki diperintah oleh orang kaya dengan tujuan untuk kebaikan mereka sendiri,”Kata Zaki.

Seharusnya Negara yang menganut faham Demokrasi, maka Oligarki tersebut sebaiknya dilarang, dibatasi bahkan di minimalisir. Karena memiliki daya rusak yang sangat luar biasa diantaranya adalah menjamurnya Korupsi, melemahnya Rule of Law, Penyalahgunaan wewenang oleh kelompok penguasa dan akan menghanmbat orang orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk berkembang.Karena oligarki hanya mementingkan kekuasaan dan kekayaan tidak mementingkan Sumberdaya manusia. Dalam situasi monopoli oligarki, maka kelompok cendekiawan dan intelektual akan terbelakang dan tidak akan dihargai, “Pungkas Zaki.

  • Bagikan