Sarjana Muda Harus Optimis dan Kreatif Di Tengah Korona

  • Bagikan

Para sarjana muda yang baru lulus dari kampus harus tetap bersikap optimis dan positif, serta menumbuhkan kreatifitas karena inilah yang dapat membantu tetap bisa bertahan di tengah pandemi. Optimisme bisa dimulai dari dengan membangun cara berpikir yang positif, agar pandemi dapat dilalui dengan baik, sarjana muda bisa memulai dengan kreatifitas di sekitar kita yang dapat membantu perekonomian.

Hal ini muncuat dalam sebuah Dialog Virtual Klik TV yang mengangkat tema ” Sarjana Muda di Musim Corona”, Hadir sebagai nara sumber Andi Yusti, Ketua Ikatan Alumni Universitas Bangka Belitung. Dialog dipandu langsung oleh Mheky Polanda, Pimpinan Klik TV pada hari Senin, (14/06/2020).

Andi Yusti, mengatakan “kita harus bersama-sama berpikir positif agar pandemi ini dapat kita lewati dnegan baik, korona merupakan ujian kita bersama. Para sarjana muda cobalah positif dan optimis bisa dimulai dari melakukan kreatifitas membaca peluang usaha membantu masyarakat sekitar dan berkolaborasi membangkitkan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat”. Kata Andi dalam pemaparannya.

Andi menambahkan bahwa dalam situasi pandemi yang bisa survive adalah orang-orang yang mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini dan yang akan datang. “Saya optimis yang bisa survive itu adalah orang yang bisa beradaptasi saat ini dan keadaan yang akan datang”. Kata Andi, Ketua IKA Universitas Bangka Belitung.

Andi juga memberikan masukan kepada sarjana muda dimana era millenial ini eranya industri 4.0, industri sekarang semua berubah bentuknya, kreatifitas menjadi kuncinya. Sarjana muda harus optimis dan positif thinking. Meski demikian sarjana muda menurutnya juga harus diberikan dukungan khusunya pendampingan, diberikan wadahnya, aksesnya dan akses permodalannya.

“Sarjana muda memiliki kendala dimana mereka harus didampingi, diberikan akses, hingga akses permodalannya”. Kata Andi.

Andi memberikan semangat kepada sarjana muda bahwa sebenarnya adanya korona tidak menghilangkan peredaran uangnya, hanya saja peredaran uangnya bergeser pada sektor lain. Misalnya saat ini di musim pandemi sektor kesehatan, IT, dan pertanian masih survive dan sangat bagus perkembangannya.

Sebagai ketua alumni IKA Universitas Bangka Belitung, Andi Yusti sejauh ini tetap berusaha membangun komunikasi aktif dengan para sarjana muda dnegan memberikan optimisme dan peluang melalui pelatihan webinar.

  • Bagikan