Kejar Target Cakupan Vaksinasi, Pemdakab Purwakarta Integrasikan Layanan Posbindu

  • Bagikan

Kab. Purwakarta — Untuk mengantisipasi menyebarnya COVID-19 varian Omicron dan mengejar target cakupan vaksinasi. Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Purwakarta terus berupaya melakukan sejumlah mitigasi di bidang kesehatan dan sosial. Di antaranya dengan mengintegrasikan pelayanan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di hampir semua wilayah yang diperlukan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Yayat Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Deni Darmawan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta Jaya Pranolo menggelar monitoring Posbindu di Kelurahan Purwamekar, Kelurahan Nagri Tengah, dan Kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Purwakarta, Jum’at (17/12/2021).

Dalam agenda tersebut, Ambu Anne –sapaan Anne Ratna Mustika– mengatakan akan terus menggerakkan lagi percepatan vaksinasi agar tercapai sesuai target, kemudian protokol kesehatan (Prokes) kembali ditingkatkan, paling utamanya adalah pakai masker, sebab menurut informasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) varian Omicron sudah masuk ke Indonesia.

“Integrasi Posbindu diharapkan dapat memaksimalkan target percepatan vaksinasi khususnya para lansia, yang pada prakteknya cukup datang ke Posbindu di lingkungan RT/RW setempat, sehingga membantu pemerintah dalam menangani target percepatan vaksinasi. Mengingat lansia adalah kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk penularan COVID-19,” kata Ambu Anne.

Selain monitoring vaksinasi, Ambu Anne juga membagikan bingkisan kepada para lansia, melalui DPPKB juga mengeluarkan program bale sauyunan. Program ini salah satunya untuk mengintervensi para lansia, supaya mau divaksinasi.

“Jadi yang pertama hari ini kita melaksanakan percepatan vaksinasi khusus untuk lansia pada majelis taklim yang ada di 3 kelurahan kelurahan. Kita targetkan 450 orang agar bisa divaksin dan alhamdulillah berjalan dengan baik,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, target untuk vaksinasi dosis satu tinggal menyisakan 0,8 persen dari 70 persen, sisa tersebut akan dikejar pekan ini. Sementara untuk vaksinasi lansia masih menyisakan 5 persen.

“Kita akan terus mengejar target sampai minggu depan semuanya tim bekerja luar biasa, kita tidak ada hari libur satu minggu kita jalankan sampai malam kita jalankan door to door untuk mencapai vaksinasi dosis satu 70 persen dan 60 persen vaksinsi lansia,” katanya.

Ia dan seluruh jajaran Pemdakab Purwakarta akan berupaya melakukan mitigasi dengan langkah-langkah dan upaya-upaya termasuk memperketat lagi penerapan prokes dalam setiap aktivitas warga.

“Termasuk Nataru itu sudah satu paket yang jelas masyarakat apapun itu bentuknya hari ini kita akan perketat dalam penerapan prokesnya pada bidang ekonomi, bidang sosial budaya termasuk pariwisata,” imbuhnya.

  • Bagikan