Workshop Dan Sosialisasi Penyusunan Pertanyaan Prapembelajaran Model Radec Di Lingkungan Sekolah Labaratorium UPI Bumi Siliwangi

  • Bagikan

Tim Riset RADEC kembali mengadakan pengabdian di lingkungan sekolah laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tanggal 28 Agustus hingga 8 November 2021.

Pengabdian yang mengusung tema workshop dan sosialisasi pertanyaan prapembelajaran untuk mendukung implementasi model pembelajaran RADEC ini, dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru yang tinggi terhadap pertanyaan prapembelajaran.

Guru memaparkan bahwa pembuatan pertanyaan prapembelajaran adalah bagian yang paling sulit dalam imlementasi model pembelajaran RADEC.

Prof. paed Wahyu Sopandi, M.A. selaku inventor dan ketua tim riset RADEC mengungkapkan bahwa salah satu tujuan workshop dan sosialisasi kali ini adalah melatih guru dalam membuat pertanyaan prapembelajaran berorientasi penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Workshop dan sosialisasi ini dihadri oleh guru SD, SMP, dan SMA Sekolah Laboratorium UPI Bumi Siiwangi.

Sebanyak 15 guru lintas jenjang pendidikan dan disiplin ilmu bergabung dalam kegiatan ini. Mereka mendapatkan pendampingan dari Tim Riset RADEC dalam menyusun pertanyaan prapembelajaran.


Rangkaian terakhir dari kegiatan ini adalah implementasi pertanyaan prapembelajaran dalam model RADEC. Pembelajaran dilaksanakan dengan model hybrid learning yang mengakomodasi pembelajaran secara langsung di kelas dan melalui platform virtual meeting.

Wiwin Sriwulan, S.Pd., M.L sebagai salah satu guru yang bergabung sebagai peserta workshop dan sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru karena menyusun pertanyaan prapembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru saat ini dan nanti.

Secara khusus ia mengatakan bahwa pertanyaan prapembelajaran berkualitas yang dibuat oleh guru mampu menstimulus siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikirnya sehingga mampu mengembangkan diri secara luas.

Rangkaian kegiatan workshop dan sosialisasi ini ditutup dengan pemberian testimoni dari beberapa peserta kegiatan. Salah satu pesan yang disampaikan oleh peserta adalah semoga kegiatan ini tidak hanya berakhir sampai dengan implementasi namun juga pendampingan secara berkelanjutan. Hal ini mengindikasikan bahwa guru telah menemukan manfaat yang besar pada model pembelajaran RADEC.

  • Bagikan