Hasil Evaluasi SPBE Kemenpan RB, Pemdakab Ciamis Tembus Peringkat 3 Jawa Barat

  • Bagikan

Kab.Ciamis— Pemerintah Kabupaten Ciamis tembus peringkat ke-3 dalam hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2021.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 1503 tahun 2021 tentang Hasil Evaluasi SPBE, pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2021 dimana Pemdakab Ciamis meraih predikat baik dengan indeks SPBE 3,32.

Indeks SPBE Kabupaten Ciamis pada tahun 2018 dengan nilai 1,44 (kurang), tahun 2019 nilai 2,35 (Cukup), tahun 2020 dengan nilai 2,64 (Baik) dan tahun 2021 dengan nilai 3,32 (Baik).

Sementara untuk posisi pertama diraih Kabupaten Sumedang dengan indeks 3,52 dan kedua dari Kabupaten Karawang dengan indeks 3,39.

Kepala Dinas Kominfo Ciamis, Dondon Rudiana menjelaskan, dengan diraihnya predikat baik pada indeks SPBE ini menunjukkan keseriusan Pemdakab Ciamis dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik. 

“Pemkab Ciamis secara bertahap mengoptimalkan pelayanannya melalui optimalisasi berbasis elektronik. Hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dan mempermudah mengakses layanan publik bagi masyarakat,“ ucapnya. 

Menurut Dondon, penerapan SPBE erat kaitannya dengan pembangunan kabupaten/kota dalam penerapan konsep smart city.

Penerapan SPBE, menurut Dondon dapat membantu pemerintah kabupaten/kota dapat melakukan upaya inovatif dalam menangani persoalan serta meningkatkan kualitas hidup warganya.

“Dengan diraihnya predikat baik dalam SPBE ini, semoga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan inovasi dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

“Semoga berbagai layanan elektronik Pemkab Ciamis yang telah berjalan bisa dimanfaatkan secara optimal. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,“ ujarnya.

  • Bagikan