Tekan Pengangguran DKI, Baznas (Bazis) DKI Gelar Pelatihan Gratis Berbasis Kompetensi Kolaborasi dengan Disnakertransgi

  • Bagikan

Kolaborasi dengan Disnakertransgi, Baznas (Bazis) DKI gelar pelatihan berbasis kompetensi kepada para pencari kerja guna menanggulangi pengangguran di tengah pandemi. Pelatihan dilaksankan pada bidang tata graha dan tenaga teknik bagi para pencari kerja merujuk dari data Disnakertransgi. 

Ini merupakan terobosan BAZNAS ( BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dengan berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan energi Provinsi DKI Jakarta, dalam upaya menanggulangi pengangguran di wilayah DKI Jakarta. Langkah yang dibuat adalah salah satunya dengan mengintensifkan kegiatan pelatihan kerja bagi para pencari kerja melalui pelatihan berbasis kompetensi.

Kolaborasi tersebut memberikan pembekalan dan pelatihan berupa Pelatihan Tata Graha (Cleaning Service) dan Teknik Pendinginan (Air Conditioner) di Lima Kotamadya dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh KH Ahmad Luthfi Fathullah selaku ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta saat hadir memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Tata Graha (Cleaning Service) dan Teknik Pendinginan (Air Conditioner) di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta Selasa (08/07/2020).

Acara pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah di Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Utara didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, KH Ahmad Luthfi Fatulloh juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan agar kelak di kemudian hari memiliki masa depan yang lebih baik. “ Hari ini kalian hadir disini mengikuti pelatihan kerja, maka mulailah dengan kesungguhan untuk belajar, kelak ilmu yang kalian dapatkan di pelatihan hari ini akan menghantarkan ke suksesesan di kemudian hari, mulailah dengan kejujuran” ucapnya.

KH Luthfi menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan agar peserta pelatihan dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap memenuhi kebutuhan lapangan kerja untuk bidang ke tata grahaan (Cleaning Service) dan tenaga teknik di bidang pendingin ruangan (AC).

“Secara umum, Kolaborasi antara Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta hari ini dalam rangka upaya menanggulangi pengangguran di Jakarta”. Tambah KH. Luthfi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelatihan Tata Graha (Cleaning Service) dan Teknik Pendinginan (Air Conditioner) ini akan di laksanakan di Lima wilayah Kotamadya dan Kabupaten Kepulauan Seribu secara bertahap.

“Sedangkan kuota di masing-masing pelatihan 20 (Dua Puluh) peserta Tata Graha (Cleaning Service) dan 20 (Dua Puluh) peserta Teknik Pendinginan (Air Condotioner) di masing-masing wilayah”. Tambah KH. Luthfi dalam sambutannya. Tambah Andri Yansyah.

Langkah yang dibuat dalam rangka menanggulangi pengangguran menurut Andri Yansyah adalah salah satunya dengan mengintensifkan kegiatan pelatihan kerja bagi para pencari kerja melalui pelatihan berbasis kompetensi di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

“Semoga langkah awal ini menjadi jembatan yang dapat mengantarkan rekan rekan peserta Pelatihan Tata Graha (Cleaning Service) dan Teknik Pendinginan (Air Conditioner) kelak akan mencapai kemandirian dan kesejahteraannya. Jangan lupa tetap semangat untuk menatap masa depan,” tandas Andri Yansyah dalam sambutanya.

  • Bagikan