Tepat Satu Tahun Pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin, Ribuan Massa Buruh dan Mahasiswa Gelar Demo Tolak UU Cipta Kerja

  • Bagikan

Bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ribuan massa dari elemen buruh dan mahasiswa menggelar demonstrasi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Demonstrasi ini menuntut pembatalan Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos menuturkan tuntutan aksi demo kali ini masih sama dengan sebelumnya.

Yakni, menuntut agar Presiden Jokowi membatalkan UU Cipta Kerja dan menerbitkan Perppu.

“Tuntutan masih sama, pembatalan UU Cipta Kerja dan menerbitkan Perppu,” ujarnya, Senin (19/10/2020).

Massa buruh rencananya akan melakukan longmarch dari Universitas Indonesia (UI) di Salemba, Jakpus menuju ke depan Istana Kepresidenan Jakarta.

Sementara itu, Koordinator Pusat Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Remy Hastian menyampaikan bahwa pihaknya kembali melakukan aksi demo lantaran pemerintah telah mengabaikan aspirasi masyarakat.

Bukannya membatalkan UU Ciptaker, pemerintah justru mengalihkan dengan meminta masyarakat mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. Padahal, menurut Remy, judicial review bukanlah langkah yang efektif.

Dalam demo kali ini, Remmy mengklaim akan ada 5.000 mahasiswa yang turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi.

“Aksi akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB dengan estimasi massa aksi sebanyak 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia,” tutur Remy. (*)

  • Bagikan