Pasukan Israel Serang Pengunjuk Rasa Al-Aqsa

  • Bagikan

Setidaknya sembilan warga Palestina terluka setelah pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki pada hari Jumat.

Setelah salat Jumat, jamaah Palestina memulai unjuk rasa untuk mendukung Nabi Muhammad sebagai tanggapan atas penghinaan yang ditujukan kepadanya selama pawai garis keras Israel melalui daerah itu pada hari Selasa.

Orang-orang Palestina berkumpul di halaman, tetapi sebelum mereka memulai perjalanan mereka dari Al-Aqsa ke Gerbang Damaskus Kota Tua, pasukan Israel menyerbu kompleks itu melalui Bab al-Silsila, salah satu pintu masuknya.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan sembilan orang terluka, dengan tiga dirawat di rumah sakit, ketika pasukan Israel menembakkan peluru baja berlapis karet, gas air mata, dan granat kejut, mengosongkan kompleks ribuan jamaah.

Polisi Israel mengatakan mereka menangkap 10 warga Palestina di kompleks itu.

Ratusan orang berdemonstrasi setelah salat Jumat sebagai tanggapan atas unjuk rasa yang diadakan oleh ultranasionalis Yahudi pada hari Selasa, di mana puluhan meneriakkan “Matilah orang Arab” dan “Semoga desa Anda terbakar”.

Orang-orang Palestina memprotes penghinaan terhadap Nabi Muhammad setelah sebuah video online menunjukkan beberapa peserta pawai Selasa merendahkannya.

Middle East Eye melaporkan pasukan Israel menembak lutut salah satu jurnalisnya, Latifeh Abdelatif, dengan peluru berlapis karet saat mereka menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa.

Situs berita yang berbasis di London mengatakan salah satu kontributornya, Sondus Ewies, juga terluka, tetapi sejauh mana luka-lukanya masih belum jelas.

Gencatan senjata rapuh
Insiden itu terjadi beberapa jam setelah jet tempur Israel meluncurkan serangkaian serangan udara di Jalur Gaza untuk kedua kalinya sejak gencatan senjata yang goyah mengakhiri perang 11 hari bulan lalu.

Sumber-sumber Palestina di lapangan mengatakan rudal Israel pada Kamis malam menghantam beberapa situs milik kelompok bersenjata di barat laut Kota Gaza dan utara Beit Lahia di wilayah yang terkepung.

Serangan itu terjadi sebagai gencatan senjata rapuh yang mulai berlaku kurang dari sebulan lalu di Jalur Gaza yang terkepung, mengakhiri kampanye pemboman Israel yang menewaskan sedikitnya 256 orang, termasuk 66 anak-anak.

Tindakan keras polisi Israel lainnya terhadap jamaah di kompleks Masjid Al-Aqsa selama Ramadhan dan ancaman pengusiran paksa warga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem Timur yang diduduki memicu protes di seluruh wilayah Palestina yang diduduki. Pasukan Israel dengan keras menjatuhkannya juga.

Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, mengeluarkan tenggat waktu kepada Israel untuk menghentikan tindakan keras tersebut. Itu berlalu tanpa diindahkan, mengakibatkan Hamas menembakkan roket ke Israel, dan Israel meluncurkan kampanye pengeboman intensif di Gaza.

Beberapa jam setelah gencatan senjata mulai berlaku, polisi Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa setelah salat Jumat.

Selama beberapa minggu terakhir, kelompok pemukim Israel garis keras telah memasuki tempat itu hampir setiap hari, di bawah perlindungan ketat dari pasukan Israel. Tujuan kelompok tersebut adalah untuk membangun kembali Kuil Yahudi Ketiga dengan alasan Masjid Al-Aqsa, menurut situs web mereka.

Tetapi di bawah status quo yang ditegaskan pada tahun 1967, hanya umat Islam yang dapat berdoa di dalam al-Haram al-Sharif.

Warga Palestina khawatir Israel berencana untuk mengambil alih kompleks itu atau membaginya. Pemerintah Israel telah berulang kali mengatakan tidak berniat mengubah status quo, di mana Wakaf mengawasi situs tersebut.

Lusinan terluka di Beita
Sementara itu, setidaknya 47 warga Palestina terluka oleh pasukan Israel di dekat kota Beita, selatan Nabulus di Tepi Barat yang diduduki, menurut Bulan Sabit Merah Palestina.

Pasukan Israel menembakkan gas air mata dan peluru berlapis karet pada demonstrasi menentang pendirian pos terdepan Israel ilegal di dekat Beita.

Beita telah berubah menjadi medan pertempuran berdarah selama beberapa minggu ketika pasukan Israel menargetkan pengunjuk rasa Palestina yang berdemonstrasi hampir setiap hari menentang pengambilalihan tanah mereka di Gunung Sabih oleh pemukim Israel.

Pemukim Israel saat ini sedang membangun pemukiman ilegal dan mengancam mata pencaharian setidaknya 17 keluarga Palestina – lebih dari 100 orang – yang bergantung pada panen buah zaitun mereka di tanah yang telah mereka miliki selama beberapa generasi.

Sumber Aljazeera

  • Bagikan