RS Rujukan Covid-19 Banten Bisa Layani Pasien Umum Mulai 26 Juli 2020

  • Bagikan

Rumah sakit rujukan COVID-19 di Banten mulai 26 Juli 2020 kembali dibuka untuk pelayanan pasien umum. Gugus Tugas meminta RS yang selama ini jadi rujukan untuk melakukan penataan ruangan khususnya di RSUD Banten sebagai pusat rujukan.

“Kapan kita berakhir untuk melaksanakan kegiatan pusat rujukan, tadinya 25 tempat tidur akan berkurang, batas akhirnya 25 Juli tentunya dengan menyiapkan penyekat,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banten, Ati Pramudji Hastuti di Serang, Banten, Selasa (30/06/2020).

Penyekatan ruangan juga akan dibagi misalnya IGD khusus pasien Corona dan umum. RSUD Banten juga akan kembali melakukan layanan seperti warga sakit menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM), persalinan, penanganan operasi dan cuci darah.

“Itu nanti bisa kita layani di tanggal 26 Juli,” ujarnya.

Selain RSUD Banten, RS yang ada di Serang dan Tangerang Raya juga menyepakati dibuka kembali layanan untuk pasien umum. Ada tren penurunan kasus di mana saat ini hanya tinggal 380 pasien yang masih dirawat.

“Itu yang mendasari kami bahwa rumah sakit milik pemerintah rujukan covid, yang awalnya khusus untuk Covid dengan berkurangnya pasien dan bertambahkan layanan maka mereka pun akan menambah layanan kesehatan lainnya,” pungkasnya.

Selain RSUD Banten, RS yang selama ini jadi rujukan Covid adalah RSDP Serang, RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Balaraja, RSUD Kota Tangerang dan RS Siloam Kelapa Dua.

  • Bagikan