Serangan udara Israel menargetkan Gaza untuk ketiga kalinya sejak gencatan senjata Mei

  • Bagikan

Israel mengatakan jet tempurnya menargetkan lokasi pembuatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat malam dalam kerusuhan terbaru sejak gencatan senjata mengakhiri serangan Mei.

Sumber keamanan dengan Hamas mengatakan serangan itu menghantam tempat pelatihan dan tidak ada korban yang dilaporkan.

Juru bicara militer Israel menyatakan bahwa serangan udara itu terjadi sebagai tanggapan atas peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza menuju pemukiman Israel di sekitarnya.

“Menanggapi balon pembakaran yang ditembakkan ke wilayah Israel hari ini, jet tempur [militer] menyerang … sebuah lokasi pembuatan senjata milik organisasi teror Hamas,” kata pernyataan itu.

Tidak ada indikasi langsung mengenai kelompok yang berbasis di Gaza yang bertanggung jawab atas peluncuran balon tersebut, tetapi Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas tindakan apa pun.

Ini adalah ketiga kalinya Israel melakukan serangan udara di Gaza sejak akhir serangan 11 hari yang diluncurkan di wilayah yang diblokade pada Mei tahun ini.

Konflik tersebut menewaskan sedikitnya 256 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, menurut pihak berwenang Gaza.

Di Israel, 13 orang, termasuk dua anak-anak, tewas oleh roket yang ditembakkan dari Gaza, kata polisi dan tentara.

Mediator Mesir dan internasional telah berusaha untuk menopang gencatan senjata informal yang mengakhiri perang terbaru.

Dalam beberapa hari terakhir, Israel telah melonggarkan pembatasan untuk mengizinkan bahan bakar yang didanai Qatar, memperluas zona penangkapan ikan Gaza dan mengizinkan peningkatan perdagangan lintas batas.

Ada beberapa gejolak sejak gencatan senjata, termasuk serangkaian peluncuran balon bulan lalu. Israel membalas dengan serangan udara.

Setelah baku tembak pada 18 Juni, panglima militer Israel memerintahkan pasukan untuk siap “untuk berbagai skenario termasuk dimulainya kembali permusuhan”.

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade Israel-Mesir sejak 2007, setelah Hamas – yang terpilih secara demokratis tahun sebelumnya – mengambil alih daerah kantong pantai.

Setidaknya dua juta orang – setengah dari mereka berusia di bawah 18 tahun – tinggal di wilayah tersebut, salah satu daerah terpadat di dunia, dalam kondisi kemanusiaan yang mengerikan.

Sumber : Al Jazeera

  • Bagikan