Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Melalui Lomba Budikdamber

  • Bagikan

KOTA BANDUNG- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menuturkan, kegiatan Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Budi Daya Ikan Lele dan Sayuran dalam Ember (Budikdamber) dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

Menurut Atalia, kegiatan yang melibatkan unsur PKK dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat itu, digelar untuk menggerakkan masyarakat agar tetap produktif demi mengisi ketahanan pangan di lingkungan terdekat. 

“Saya merasa bangga, bagaimana Ibu PKK di Jabar mampu menggerakkan masyarakat. Maka kita semua mendorong sebuah gebrakan bagaimana masyarakat Jabar mau dan mampu mengisi ketahanan pangan di lingkungan masing-masing,” ucap Atalia di Gedung PKK, Kota Bandung, Senin (08/11/2021). 

Atalia mengatakan, banyak pihak terlibat menyukseskan kegiatan tersebut. Mulai dari PKK, perangkat daerah, Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED), sampai masyarakat. Selain lomba, ada juga webinar, pelatihan tebar 270 paket Budikdamber dan 13.500 bibit lele. 

“Kita bekerja sama dengan dinas-dinas dan juga berbagai jejaring komunitas. Kami sudah lakukan berbagai upaya agar masyarakat bisa memperkuat ketahanan pangan dan memenuhi gizi yang baik,” katanya.

Atalia mengatakan, tujuan penting dari kegiatan tersebut, adalah menyosialisasikan kembali kepada masyarakat agar gemar makan ikan. Para kader PKK pun dituntut untuk kreatif dan inovatif mengubah bahan baku ikan menjadi tema makanan yang menarik dan tetap enak disantap. 

“Alhamdulillah apa yang kita gerakan kepada masyarakat untuk budaya makan dengan ikan. Membuat jenis-jenis makanan yang beragam dari satu makanan menjadi tematik,” ucapnya. 

Berikut inilah pemenang lomba masak serba ikan:

Juara 1: Kota Ciamis 
Juara 2: Kab. Cirebon 
Juara 3: Kota Cimahi 

Juara Harapan 1: Kota Bandung 
Juara Harapan 2: Kab. Majalengka 
Juara Harapan 3: Kota Cirebon 

Juara Favorit: Kota Tasikmalaya 


Pemenang lomba Budikdamber:

Juara 1: Kab. Ciamis 
Juara 2: Kab. Kuningan 
Juara 3: Kota Cimahi

  • Bagikan