UMKM Makanan Ringan di Tangsel Bisa Jadi Tulang Punggung Perekonomian di Masa Pandemi

  • Bagikan

Para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jenis makanan ringan pada masa pandemi saat ini, dinilai bisa menjadi tulang punggung perekonomian terutama di kelompok masyarakat bawah. Keberadaan mereka, bukan saja bisa memenuhi kebutuhan makanan ringan bagi masyarakat, tapi juga bisa menghidupkan perekonomian para pekerja.

Hal ini disampaikan oleh aktivis perempuan Tangerang Selatan, Ria Dahlia saat melakukan pertemuan dengan kelompok usaha pembuat dan penjaja makanan kecil khas Bandung, yaitu Cireng di Pamulang, (05/07/2020) kemarin.

Meskipun sempat kesulitan untuk bertahan di masa awal pandemi, namun perlahan-lahan kelompok usaha makanan ringan jenis ini sudah mulai bangkit.

Mawan, salah satu pemilik usaha produksi makanan kecil Cireng, dalam pertemuan dengan Ria Dahlia mengungkapkan bahwa saat ini produksi dan usaha cireng miliknya sudah mulai pulih. Meskipun ada persoalan terkait dengan pengadaan bahan pokok cireng, yaitu sagu.

Produksi makanan cireng yang dirintis oleh Wawan sejak tahun 2011 lalu, saat ini sudah mampu mempekerjakan 30 orang. Dalam kondisi perekonomian di saat pandemi ini, keberlangsungan usaha makanan ringan ini sangat membantu para pekerja untuk bisa bertahan hidup.

Pola dagang cireng milik Mawan ini, sudah dilakukan dengan menggunakan gerobak dengan peralatan lengkap. Menurut Wawan, gerobak penjualan cireng itu dia berikan gratis bagi para pekerja yang berjualan cireng.

Lokasi penjualannya juga tersebar. Mulai dari tempat bermain sampai di sekitar swalayan atau supermarket. Karena adanya kebijakan PSBB, maka lokasi penjualan di sekolah yang biasanya ramai, kini sudah dipindah ke lokasi lain.

Cireng termasuk jenis makanan kecil yang murah. Dengan harga jual sekitar Rp 2000, Mawan mengaku menjual dengan sistem penjualanbagi hasil 50% : 50%. “Jadi dengan jual cireng Rp 2.000 dibagi 2 antara pemilik dan penjual, yakni Rp 1.000. Dari Rp 1.000 ini dibagi lagi oleh Pak Mawan Rp 800 untuk modal dan Rp 200 sebagai keuntungan bersih. Terang Mawan ke Ria Dahlia.

Setiap hari usaha cireng Pak Mawan mampu memproduksi 4000 pcs cireng dan harus habis dalam sehari. Diproduksi mulai dari jam 19.00 sampai 06.00, begitu setiap harinya.

Ria Dahlia, yang menjadi salah satu Bakal Calon Walikota Tangerang Selatan, melakukan pertemuan dengan para pengusaha UMKM di Pamulang ini dalam rangka untuk memberikan dukungan dan mendapatkan masukan. Terutama terkait persoalan-persoalan yang dihadapi para pengusaha UMKM di masa pandemi ini.

Dalam pertemuan tersebut, Ria yang juga menjadi pemilik UMKM jenis makanan ringan mengatakan bahwa pengadaan bahan pokok pembuatan makanan ringan pada masa pandemi ini memang masih menjadi persoalan penting bagi para pengusaha makanan ringan. Karenanya, dia berjanji akan memberikan dukungan untuk bisa membantu para pengusaha ini dalam hal pengadaan bahan pokok.

Selain itu, Ria Dahlia juga mendorong agar para pengusaha makanan ringan bisa makin melibatkan para pedagang keliling untuk bisa terlibat dalam penjualan makanan ringan. Selain bisa menambah jumlah produksi, cara ini juga bisa menambah penghasilan bagi para pedagang keliling.

Ria Dahlia mengungkapkan, bahwa UMKM makanan ringan miliknya saat ini juga mulai banyak melibatkan para pedagang keliling. “Dengan cara melibatkan banyak orang dalam usaha ini, setidaknya mampu menjadikan UMKM ini sebagai sumber penghasilan baru,” kata Ria.

Berdasarkan pengalamannya sendiri, dalam situasi pandemi, usaha kecil seperti ini bisa menjadi tulang punggung perekonomian, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.(*)

  • Bagikan