Dukung Percepatan Target Vaksinasi, Unas Bentuk Relawan dan Sentra Vaksinasi Bersama Kecamatan Pasar Minggu

  • Bagikan
Peninjauan lokasi vaksinasi Covid-19 di Universitas Nasional oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Drs. Isnawa Adji dan Wakil Camat Pasar Minggu, Renaningrum
Peninjauan lokasi vaksinasi Covid-19 di Universitas Nasional oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Drs. Isnawa Adji dan Wakil Camat Pasar Minggu, Renaningrum

 

Universitas Nasional, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan dan mempercapat penyebaran virus Covid-19, membentuk dan menyelenggarakan program relawan vaksin bekerjasama dengan pemerintahan Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari, mulai Senin (28/6/2021) hingga Kamis (01/07/2021).

Kegiatan vaksinasi mandiri dilaksanakan di lingkungan civitas akademi kampus Universitas Nasional, di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan merupakan tindaklanjut dari imbauan LLDIKTI Wilayah III Jakarta agar setiap kampus ikut aktif dalam percapatan vaksinasi.
Untuk itu, Unas membentuk relawan vaksin. Kegiatan ini mendapat dukungan dari aparat pemerintahan Kecamatan Pasar Mingg dan menjadi Universitas Nasional sebagai salah satu sentra pemberian pelayanan vaksinasi kepada civitas akademika Unas dan warga di sekitar lingkungan kampus Universitas Nasional, yaitu di Kelompok Masyarakat yang ada di Kelurahan Jatipadang.

Pelaksanaan vaksinasi di lingkungan civitas akademi Unas, sempat dipantau langsung Plt. Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji yang juga didampingi Wakil Camat Pasar Minggu, Rodiah. Ikut mendampingi pula, Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. serta jajaran civitas akademis dan para dosen.

Selain civitas akademis, vaksinasi di lingkungan Universitas Nasional juga diberikan kepada mahasiswa yang ikut mendaftarkan program vaksinasi gratis tersebut.

Sementara, pelaksanaan program vaksinasi di lingkungan Kelurahan Jati padang dilaksanakan oleh relawan yang terdiri dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat (Fikes) Universitas Nasional. Kegiatan dilaksanakan secara terbuka, dan ratusan warga datang untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Dalam kesempatan pemantauan langsung program vaksinasi ini, Plt. Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji menyebut bahwa sebanyak 546.777 warga Jakarta Selatan saat ini telah menjalani vaksinasi Covid-19. Artinya, saat ini sudah 32,86 persen cakupan vaksinasi yang dilaksanakan di wilayah Jakarta Selatan.

Target harian untuk vaksinasi Covid-19 di 10 kecamatan adalah 21.304 orang. Isnawa menuturkan, cakupan vaksinasi Covid-19 di wilayah Jakarta Selatan sebenarnya masih jauh dari target yaitu 1.171.749 orang.

Saat ini, kata Isnawa, terdapat 208 titik sentra vaksinasi Covid-19 yang tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. “Kegiatan vaksinasi tersebar di berbagai lokasi seperti puskesmas, apartemen, Kampung Tangguh Jaya, rumah sakit, dan mal,” demikian disampaikan Plt. Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. (*)

  • Bagikan