Gerakkan Tradisi Intelektual, HMI MPO Cabang Bima Buka Lapak Baca

  • Bagikan

Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Bima membuka lapak baca di Taman Amahami Kota Bima, Minggu (27/09/2020).

Lapak baca tersebut digelar setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 17.00-22.00 WITA.

Rian Risty Fauzi, Ketua Umum HMI MPO Cabang Bima mengatakan bahwa gerakan lapak baca merupakan gerakan penyadaran intelektual di Kota Bima.

“Lapak baca di Taman Amahami sebagai ikhtiar untuk penyadaran bagi masyarakat agar lebih cinta terhadap buku dan lebih sadar bahwa buku merupakan jendela dunia,” tutur Rian dalam keterangan tertulis, Minggu (27/09/2020).

Rian menyatakan bahwa gerakan ini juga merupakan sebagai bentuk kecintaan terhadap literasi, mewariskan peradaban kepada generasi. Terutama kepada para mahasiswa untuk menghidupkan aktivitas membaca, berdiskusi dan menulis.

Adapun buku-buku yang tersedia di lapak baca HMI adalah buku tentang perkembangan ilmu pengetahuan di bidang keagamaan, sosial, politik, kesehatan, keorganisasian, dan lain sebagainya,” lanjut Rian.

Rian mengungkapkan pentingnya literasi dalam pembangunan sebuah peradaban. Terlebih di masa di mana teknologi berkembang dengan pesat.

“Bangsa dengan budaya literasi yang tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, sehingga dapat bersaing dalam perkembangan global,” tegasnya.

Rian mengungkapkan target besar dari kegiatan lapak baca adalah munculnya taman-taman baca, baik di Kota Bima maupun di tempat yang lain.

“Sehingga akan tumbuh tradisi literasi untuk kemajuan umat dan bangsa, khususnya Kota Bima,” tutupnya. (*)

  • Bagikan