Gubernur Banten Tak Izinkan Bioskop Buka Ditengah Pandemi

  • Bagikan

Gubernur Banten Wahidin Halim belum sepakat jika bioskop dibuka saat masih pandemi Corona atau COVID-19. Perlu ada penerapan protokol yang menurutnya harus jadi pertimbangan.

“Untuk wilayah Banten sebaiknya jangan dibuka dulu. Bagaimana protokol kesehatannya juga harus dipertimbangkan,” kata Wahidin di Serang, Banten, Rabu (26/08/2020).

Ia justru mempertanyakan kenapa harus ada pembukaan bioskop di masa pandemi Corona. Sebetulnya kontribusi melalui retribusinya juga dinilai kecil untuk ekonomi daerah.

Selain dampak ekonomi yang kurang signifikan, gubernur juga menyoroti bagaimana nanti melakukan kontrol saat penonton datang ke bioskop. Sedangkan penonton bioskop khusunya di Banten adalah warga yang datang dari wilayah Jabodetabek.

“Kontribusinya kecil terhadap ekonomi daerah, penontonnya rata-rata dari wilayah Jabodetabek atau dari luar daerah lainnya, gimana nanti mengontrolnya,” ujar Wahidin.

Pemerintah dalam waktu dekat akan memberi izin bioskop untuk dibuka kembali. Alasannya karena bioskop dinilai sebagai bentuk hiburan dan bisa meningkatkan imunitas warga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memiliki rencana serupa. Ia merujuk bahwa negara-negara lain lebih dulu membuka bioskop meski masih di masa pandemi Corona.

  • Bagikan