Kampung Bangun Cita Cita Wakili Tangerang Ikut Lomba Perpustakaan di Tingkat Banten

  • Bagikan

Perpustakaan Kampung Baca (Bangun Cita-cita) mewakili Kota Tangerang dalam lomba baca tingkat Provinsi Banten 2020. Tim penilai Provinsi Banten meninjau  dan menilai langsung Taman Bacaan Masyarakat (TBM), di Kampung Baca yang berada di Jalan Husein Sastranegara, RT 01/10, Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kamis (02/07/2020).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Sayuti mengatakan, Perpustakaan Kampung Baca bukan hanya  perpustakaan. Para pengurus perpustakaan tersebut menerapkan kegiatan pendidikan dan pelatihan lingkungan dan kesehatan serta pemberdayaan ekonomi.

“Perpustakaan Kampung Baca juga melakukan inovasi menjadikan lokasi perpustakaan sebagai pusat belajar. Terlebih, mengembangkan bakat anak-anak dengan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif,” ungkap Sayuti.

Sayuti mengungkapkan, perpustakaan tersebut juga menjadi lokasi favorit anak-anak dan warga sekitar. “Perpustakaan ini tidak membosankan seperti yang dibayangkan karena menjadi wadah baru selain sekolah untuk meningkatkan kompetensi,” katanya.

Sementara itu, Camat Benda Ayi Nurdayin mengatakan, Kampung Baca yang dilengkapi perpustakaan dan beragam jenis buku terlahir dari gagasan kampung tematik.

“Kampung ini dibangun dari keresahan masyarakat terhadap minimnya minat baca. Komitmen dan konsisten terhadap Kampung Baca terus kami jaga hingga kini,” ungkap Ayi.

Lanjutnya, menjadi juara tingkat provinsi tentu menjadi harapan, namun bukan target. Pasalnya, harapan Kampung Baca ialah bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya untuk ikut dan terus mencerdaskan penerus bangsa.

  • Bagikan