Tukang Mandikan Jenazah Langka, Pemkot Cilegon dan MUI Beri Pelatihan

  • Bagikan

KliksajaBanten.co – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Cilegon bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) melaksanakan pelatihan memandikan dan mengkafani jenazah.

Pelatihan yang diikuti 258 peserta dari sejumlah kelurahan dilakukan di Masjid Agung Nurul Ikhlas Kota Cilegon, Rabu (9/11/2016).

Menurut Kasubag Bantuan Kemasyarakatan pada Bagian Kesra Pemkot Cilegon, Rahmatullah, pemahaman tentang cara memandikan dan mengkafani jenazah di kalangan masyarakat dilakukan lantaran saat ini para pemandi dan mengkafani jenazah dinilai sudah mulai langka.

“Karena pada umumnya yang mengurus jenazah adalah orang-orang yang sudah tua, kita harapkan dapat dipelajari pula kepada pada pemuda untuk regenerasi dalam mengurusi jenazah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan pengetahuan kepada masyarakat, tentang bagaimana cara memandikan jenazaah dan mengkafani jenazah sesuai dengan syariah Islam.

“Semoga dengan adanya pelatihan fardhu kifayah ini, masyarakat semakin paham serta dan bertambahnya pengurus jenazah, sehingga masyarakat tidak sulit lagi mencari tukang mandiin jenazah,” jelasnya.

Sementara itu Ketua MUI Kota Cilegon M Sayuti Ali mengatakan, saat ini orang yang ahli memandikan jenazah masih sangat sedikit. Padahal, tata cara sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim.

“Untuk itu kita harapkan generasi muda ini perlu mengikuti pelatihan ini agar ada regenerasi sehingga masyarakat tidak kesulitan ketika membutuhkan pemandi jenazah yang memiliki SDM yang siap pakai,” katanya.

  • Bagikan