Ustad Azmi Ismail : Dua Rahasia Kebahagiaan Dunia dan Akherat Nabi Ibrahim AS

  • Bagikan

Nabi Ibrahim adalah hamba yang paling bahagia di dalam kehidupan dunia dan akheratnya di hadapan Alloh SWT. Ada dua rahasia atas pencapaian kebahagiaan nabi Ibrahim tersebut yaitu usaha perjuangan dalam kebenaran dan sikap berserah dirinya Nabi Ibrahim selaku hamba kepada Alloh SWT.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ustadz Azmi Ismail dalam Khutbah Idul Adha di Masjid Raya Al Kautsar Vila Dago, Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan. Jumat 10 Dzulhijjah 1441 H. (31/07/2020).

Ustad Azmi Ismail Ph.D yang juga dosen PTIQ Jakarta Selatan menyampaikan pesan penting tentang rahasia kebahagiaan dunia dan akherat Nabi Ibrahim. Menurutnya Nabi Ibrahim adalah hamba yang mulia dan banyak yang dapat diteladani. Khusunya bagaimana rahasia Nabi Ibrahim mendapatkan kebahagiaan dunia dan akheratnya.

“Nabi Ibrahim adalah termasuk hamba paling dicinta Allah, paling mulia dan paling bahagia. Kita sebagai ummat Nabi Muhammad patut untuk mencontoh beliau, karena Rasullullah SAW. Juga diperintahkan Allah untuk itu”. Kata Ustadz Azmi Ismail dalam Khutbahnya.

Alumnus Sudan tersebut juga menambahkan. menurutnya ada dua rahasia kebahagiaan Nabi Ibrahim AS. Hidup dalam kebenaran dan selalu berserah diri dan ridha atas ketetapan Alloh SWT dalam kehidupannya.

“Rahasia kebahagian Nabi Ibrahim As terdapat pada dua poin: hidup dalam kebenaran (aqidah yang benar), prinsip yang kuat serta pengorbanan dalam mempertahankan kebenaran. Contohnya bagaimana perjalanan pencarian ketuhanan Nabi Ibrahim, bagaimana ia sempat melihat bintang, bulan, matahari yang tadinya dianggap sebagai Tuhan sebelum akhirnya Nabi Ibrahim menemukan Alloh sebagai Tuhannya”. Dalam khutbah iudl adha Ustad Azmi.

Ustad Azmi mengutip dalil “inni wajjahtu wajhiya lilladzi fathorossamawati wal ardhi haniwammmuslimaw wa maa ana minal musyrikin” untuk menggambarkan kisah perjalanan pencarian kebenaran Nabi Ibrahim AS dalam menemukan aqidah / tauhid yang benar.

Dalam konteks Indonesia saat ini, menurut ustad Azmi Ismail sangat penting meneladani ketauhidan ala Nabi Ibrahim AS. Karenanya sudah seharusnya negara Indonesia juga harus berdiri di atas pondasi yang kuat dalam hal ketauhidannya.

“Negera yang kuat dan kokoh adalah negera yg berdiri atas pondasi yang kuat, jika tidak maka itu seperti rumah laba-laba yg amat rapuh”. Terang Azmi dalam khutbah Idul Adhanya.

Rahasia kedua kebahagiaan Nabi Ibrahim AS menurut Azmi Ismail adalah kehidupan Nabi Ibrahim yang suka berserah diri kepada Tuhan dan ridho terhadap ketetapan yg telah diberikanNya.

“Nabi Ibrahim adalah hamba selalu ridha atas semua ketetapan dari Alloh SWT, ia juga pribadi yang sennatiasa sabar dan berserah diri kepada Alloh SWT sehingga apapun yang terjadi kepadanya tidak pernah mengganggu kebahgiaan kehidupannya karena semua telah ia serahkan kepada Alloh SWT”. Pesan Ustadz Azmi kepada jamaah sholat Idul Adha.

Masjid Raya Al Kautsar, Vila Dago Pamulang menyelanggarakan sholat Idul Adha dengan protokol kesehatan, menerapkan shof social distancing, mewajibkan jamaah menggunakan masker bahkan disediakan masker oleh panitia, dan juga hand sanitizer.

Hadir sekitar ratusan jamaah dalam ibadah sholat Idul Adha tersebut. Meskipun dalam situasi pandemi. Jamaah mengular hingga pelataran masjid raya al kautsar.

  • Bagikan