Ahmad Zakiyuddin Dorong Advokasi Kebijakan Publik di Sektor Pendidikan

  • Bagikan

Politeknik STIA LAN Bandung menyelenggarakan kuliah Dosen Tamu pada hari Jum’at tanggal 24 Maret 2023.

Hadir sebagai Narasumber, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.H, S.IP., M.I.Kom,.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan meteri advokasi kebijakan publik di Indonesia.

Zakiyuddin mengungkapkan advokasi kebijakan publik adalah tindakan untuk memengaruhi pembuatan, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik agar sesuai dengan kepentingan masyarakat yang direpresentasikan.

Dilihat dari sisi pelaku advokasi kebijakan publik bisa dilakukan oleh setiap orang, masyarakat sipil, LSM, lembaga pendidikan dan penelitian, aktivis hak asasi manusia, organisasi buruh, pengusaha, serta Mahasiswa.” Ungkap Zaki.

Zaki menambahkan bahwa strategi advokasi kebijakan publik diantaranya adalah membentuk koalisi, penggunaan media Sosial, penelitian dan pengumpulan data, pemberian pendidikan dan pelatihan, serta lobbying. Kita harus mendorong advokasi Kebijakan Publik dalam sektor Pendidikan karena Pendidikan memiliki Anggaran besar duapuluh Persen dari APBD dan APBN, ” Kata Zaki.

“Peran masyarakat dalam advokasi kebijakan publik sangat penting terutama dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi, menyuarakan pendapat, mobilisasi dukungan, serta mengambil tindakan.” Jelas Zaki.

“Solusi dari tantangan dalam proses advokasi kebijakan publik di indonesia yaitu kurangnya transparansi dalam proses pengambilan kebijakan, Meningkatkan kolaborasi dan dukungan antara kelompok advokasi dan masyarakat sipil, Membangun dialog dan konsensus, Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan, serta Mengoptimalkan media sosial dan teknologi informasi.” Pungkas Zaki.

  • Bagikan