Berdayakan Pelaku UMKM dan Home Industry, Mahasiswa KKN Unfari Kelompok 1 Gelar Seminar Kewirausahaan

  • Bagikan

CIANJUR – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Al Ghifari Kota Bandung Kelompok 1 mengadakan seminar kewirausahaan dengan tema: “Langkah Sukses UMKM: Mendalami Branding, Perizinan, dan Sertifikasi Halal” di Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur Kamis (29/03/2024).

Seminar ini diadakan untuk warga masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Home Industry di wilayah tersebut.

Puluhan peserta hadir dan berpartisipasi di acara ini, yang terdiri dari RT, RW, Aparat Desa dan pelaku UMKM dan home industry dari Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur. Acara ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Sukamaju bapak Farid Komarudin, S.Ag, Ibu Dr. Dina, S.I.P., M.Si sebagai Dosen pembimbing lapangan memberikan sambutan sekaligus materi, dan Ibu Dwi Rokhdialisa, S.Ikom, M.Pd sebagai pemateri pada kegiatan ini.

Ibu Dina dalam materinya menjelaskan tentang Strategi Branding yang baik bagi UMKM. “Dalam meningkatkan UMKM perlu adanya strategi branding yang baik bagi UMKM diantaranya yaitu Menggunakan Logo yang sesuai dengan image Produk,Konten yang berkualitas,Memiliki Kemitraan Strategis,Identifikasi Proposisi Nilai Unik, Konsisten, dan Mengenal Target Konsumen
” Pungkas Ibu Dina

Ibu Dina juga menambahkan pentingnya marketplace bagi UMKM.”Marketplace berperan penting dalam menarik konsumen lantaran punya banyak program promosi, seperti ongkos kirim, cashback, dan diskon. Kemudian, marketplace  penting untuk berjualan karena transaksinya aman dan mudah digunakan (user friendly) “ujar Ibu Dina

Selanjutnya, Ibu Dina mengungkapkan harapannya terkait hasil dari kegiatan ini, “Kami berharap bahwa UMKM dan Home Industry di Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur dapat menarik perhatian konsumen yang lebih besar melalui strategi branding yang kuat, pelayanan pelanggan yang baik dan memiliki perizinan dan sertifikasi halal . Para pelaku usaha juga harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat,” harapnya.

Ibu Dwi Rokhdialisa, S.Ikom, M.Pd mengajak pelaku UMKM atau Home Industry memanfaatkan program kepengurusan sertifikat halal gratis sampai tanggal 9 Oktober 2024. “Kami mengajak pelaku UMKM atau Home Industry untuk bersama-sama memanfaatkan peluang pengurusan sertifikasi produk ini sampai 9 Oktober 2024,” kata Ibu Dwi.

“Salah satu pentingnya sertifikasi halal yaitu halal itu bukan yang menjamin yang muslim namun dari semua proses kegiatan produksi makanan secara detail diperiksa sehingga mengapa tidak untuk kemajuan UMKM agar naik kelas,” Pungkasnya.

Kepala Desa Sukamaju bapak Farid Komarudin, S.Ag, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif mahasiswa KKN Unfari . Ia mengucapkan terima kasih atas upaya mereka dalam mengadakan seminar tentang branding, perizinan dan sertifikasi halal di Desa Sukamaju.

“Seminar ini memberikan pengetahuan yang sangat berharga kepada pemilik UMKM di desa kami, membantu mereka dalam meningkatkan usaha mereka,” ungkap Bapak Farid

” Perlu adanya pengembangan kegiatan usaha rumahan, khususnya umkm dalam bentuk legal formal,dan mahasiswa kkn kelompok 1 Universitas Al Ghifari telah membantu pelaku UMKM produk rumahan membuat branding dan Nomor Induk Berusaha(NIB) ujarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota KKN kelompok 1 dan dosen pendamping lapangan yang telah berkontribusi ke masyarakat dan UMKM di desa sukamaju” lanjutnya.

seminar kewirausahaan ini merupakan salah satu langkah konkret dari mahasiswa KKN Unfari Kelompok 1 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Desa Sukamaju. Diharapkan pemilik UMKM dan Home Industry dapat memperkuat bisnis mereka dan menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital,” tukasnya.

  • Bagikan