Polisi Israel serang pengunjuk rasa Palestina di Sheikh Jarrah

  • Bagikan

Polisi Israel menggunakan granat kejut dan menyemprotkan air sigung ke warga Palestina semalam di lingkungan Sheikh Jarrah yang diduduki Yerusalem Timur.

Ada bentrokan antara pemukim Yahudi dan Palestina pada Senin malam sebelumnya dengan media Israel melaporkan batu dan kursi dilemparkan di antara pihak yang berseberangan.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 20 warga Palestina terluka dalam pertempuran itu dan laporan mengatakan beberapa orang ditangkap. Mereka yang terluka termasuk 16 orang yang menderita luka akibat semprotan merica dan gas air mata, dan seorang lansia yang dipukul di bagian kepala.

Layanan medis juga mengatakan beberapa ambulansnya menjadi sasaran pemukim Yahudi yang melemparkan batu ke kendaraannya.

Sementara itu, puluhan pemukim Israel pada hari Selasa memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, menurut Departemen Wakaf Islam.

Sekitar 44 pemukim masuk ke kompleks itu di bawah perlindungan polisi Israel, dan lebih banyak pemukim diperkirakan akan memasuki lokasi itu di kemudian hari, katanya dalam sebuah pernyataan.

Tindakan keras yang “berulang” dilakukan
Senin malam, polisi Israel terlihat menggerebek sebuah rumah warga Palestina dan melemparkan granat kejut ke warga di dalamnya.

Sheikh Jarrah telah menjadi tempat yang sering dilakukan oleh polisi Israel terhadap warga Palestina yang memprotes ancaman pengusiran paksa puluhan keluarga Palestina dari rumah mereka demi kelompok pemukim Israel garis keras.

Israel menyebutnya “perselisihan real-estate” sementara Palestina dan kelompok hak asasi mengatakan kasus tersebut menyoroti kebijakan diskriminatif yang bertujuan mendorong warga Palestina keluar dari Yerusalem.

Letusan kekerasan adalah gesekan terbaru di Sheikh Jarrah, di mana protes dan tindakan keras selama berminggu-minggu menarik perhatian internasional menjelang serangan 11 hari Israel di Gaza bulan lalu.

Gencatan senjata mulai berlaku pada 21 Mei, tetapi kampanye jangka panjang oleh pemukim Yahudi untuk mengusir warga Palestina dari rumah mereka terus berlanjut.

Dan siklus ketegangan dan kekerasan bertahan dalam ujian awal yang mencolok bagi pemerintah koalisi baru Israel, yang baru berumur seminggu.

Di pucuk pimpinan di bawah perjanjian rotasi adalah Perdana Menteri Naftali Bennett, kepala partai sayap kanan Yamina.

Dalam dua tahun, dia akan digantikan oleh Yair Lapid, pemimpin sentris Yesh Atid. Dan yang memimpin oposisi adalah pemimpin Likud Benjamin Netanyahu, yang digulingkan dari jabatan perdana menteri setelah memegang jabatan itu selama 12 tahun.

Intervensi oleh jaksa agung Israel pada puncak kerusuhan telah menunda perintah pengusiran yang paling dekat. Tetapi kelompok-kelompok hak asasi mengatakan pemindahan paksa itu masih bisa berlanjut dalam beberapa bulan mendatang karena perhatian internasional berkurang, berpotensi memicu putaran pertumpahan darah lagi.

Para pemukim telah melakukan kampanye selama puluhan tahun untuk mengusir keluarga dari lingkungan padat penduduk Palestina di apa yang disebut Cekungan Suci, tepat di luar tembok Kota Tua, di salah satu bagian paling sensitif dari Yerusalem Timur yang diduduki.

Israel merebut Yerusalem Timur – rumah bagi tempat-tempat suci bagi orang Yahudi, Kristen dan Muslim – dalam perang tahun 1967 dan mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Israel memandang seluruh kota sebagai ibu kotanya, sementara Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Sumber : Al jazeera

  • Bagikan