Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unla Gelar Webinar Nasional Diplomacy To be Global Connections

  • Bagikan

Bandung- Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Langlangbuana Bandung menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema : “Diplomacy To Be Global Connections” pada hari Kamis tanggal 23 Juni 2023 pukul 09.00 s/d 12.00.

Hadir Kaprodi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Langlangbuana Rannie Dyah Khatamisari Rachaju, S.Sos., M.Si. sekaligus membuka Acara Webinar tersebut.

Ditemui redaksi Kaprodi Ilmu Komunikasi mengungkapkan keterampilan Komunikasi internasional sangat penting karena dunia sudah tanpa batas.
“Saya sangat mendukung upaya peningkatan Keterampilan mahasiswa agar mahasiswa Ikom memiliki Kompetensi, ” Ungkap Rannie.

Hadir juga sebagai Narasumber, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.H, S.IP., M.I.Kom, Sekretaris Rektor Unla Dudi Yudha kusuma, S.IP., M.I.Kom dan Sekretaris prodi Magister Ilmu pemerintahan UNLA Dr. Indriyati Kamil

Dalam Orasinya Ahmad Zakiyuddin membagikan meteri ” Manner A Good Communication”.

Zakiyuddin menambahkan bahwa Manner A Good Communication sangat penting dimiliki oleh praktisi Komunikasi Global.

“Kita harus memiliki Kompetensi terkait manner dalam komunikasi global agar sukses bersosialisasi di ranah Global,” Kata Zaki.

“Ada beberapa etika dalam komunikasi yang dapat meningkatkan hubungan antar negara dengan adanya komunikasi internasional yaitu penyampaian pesan yang baik, upaya saling menguntungkan dan Kerjasama dengan prinsip Kolaborasi,” Tegas Zaki.

Disisi lain Dudi Yudha menjelaskan bahwa Diplomasi digital memiliki peran penting dalam komunikasi internasional, Strategi diplomatik yang melibatkan penggunaan komunikasi digital dan teknologi dalam proses diplomasi,Diplomasi digital mencakup interaksi antara negara-negara dan aktor-aktor internasional melalui platform digital untuk tujuan pertukaran informasi, pembentukan hubungan, dan pembangunan aliansi.

Sementara Dr. R. Indriyati Kamil, S.IP.,M.I.Kom dalam materinya dengan judul Peran Komunikasi Internasional yang berfokus pada isu internasional, menjelaskan bahwa isu terkait dalam komunikasi internasional ialah konflik perbatasan, penyusupan maritim, konflik etnis dan suku, terorisme serta keberlanjutan sumber daya alam.

Selanjutnya Indri menambahkan pada Komunikasi internasional tersebut, komunikaror yang berperan dalam isu-isu internasional yaitu pemimpin negata, diplomat , perwakilan organisasi internasional serta beberapa lembaga dibidang lainnya.

Dari pemaparan Dr. R. Indriyati Kamil, S.IP.,M.I.Kom tersebut
lebih menyoroti mengenai peran komunikasi internasional yang dapat dilihat dari isu internasional, bahwa hal tersebut membantu untuk membangun Kerjasama dan mengatasi konflik antar negara.

  • Bagikan